MUSIC FOR LIFE











{June 23, 2009}   Aretha Franklin, Penyanyi Terhebat Era Musik Rock

arethaDiantara dominasi penyanyi rock pria, nama Aretha Franklin muncul sebagai penyanyi terhebat di era musik rock – The Greatest Singer of the Rock Era. Hasil survey terbaru menunjukkan, Aretha menempati urutan pertama, mengalahkan legenda musik rock lainnya seperti Sir Paul McCartney dan Mick Jagger yang hanya menduduki posisi 11 dan 16 dalam daftar penyanyi solo terhebat.

Aretha memang patut mendapat predikat tersebut, karena pelantun lagu “Amazing Grace” ini terhitung sudah 20 kali menyabet penghargaan Grammy, salah satu apresiasi tertinggi di dunia musik.

Meskipun tidak banyak bermain di jalur musik rock, penyanyi berusia 66 tahun yang dijuluki ‘Queen of Soul’ itu memberi pengaruh besar terhadap industri musik.

Tidak hanya musik soul yang diusungnya, tapi juga jazz, blues, pop, gospel dan rock. Sebanyak delapan kali berturut-turut, dalam rentang tahun 1968 – 1975, Aretha memenangkan piala Grammy untuk kategori Best Female R&B Vocal Performance. Pada Januari 1987, dia menjadi artis wanita pertama yang masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame.

Sementara itu, penyanyi soul dan pianis Ray Charles menempati posisi satu tingkat di bawah Aretha dan rocker legendaris Elvis Presley berada di urutan ketiga.

Posisi keempat dan kelima ditempati penyanyi soul R&B sekaligus pengusaha Sam Cook dan mantan personil The Beatles John Lennon yang terkenal dengan tembangnya “Imagine”.

Nama-nama musisi yang berhasil dalam jajaran 10 teratas diantaranya Marvin Gaye, Bob Dylan, Otis Redding, Stevie Wonder dan James Brown.



et cetera
%d bloggers like this: